Rabu, 18 November 2015

Manfaat Tanaman Sawo

Selamat pagi pemirsa dimanapun anda berada. Apa kabarnya hari ini? Anda sedang mencari informasi terlengkap mengenai manfaat buah sawo bagi kesehatan dan kecantikan? Berarti anda sedang berada pada tempat yang tepat. Apa saja ya kira-kira manfaat buah yang sering diidentikan dengan warna kulit orang indonesia ini. Apa warna kulit anda sawo matang, atau sawo busuk? :D

Sebelum kita bahas apa saja manfaat dan khasiat buah sawo bagi kesehatan dan kecantikan, ada baiknya kita ulas terlebih dahulu informasi mengenai kandungan nutrisi yang terdapat pada buah sawo

Kandungan  Nutrisi  Buah Sawo

Banyaknya Buah Sawo yang diteliti (Food Weight) = 100 gr
Bagian Buah Sawo yang dapat dikonsumsi (Bdd / Food Edible) = 79 %
 Jumlah Kandungan Energi Buah Sawo = 92 kkal
Jumlah Kandungan Protein Buah Sawo = 0,5 gr
Jumlah Kandungan Lemak Buah Sawo = 1,1 gr
Jumlah Kandungan Karbohidrat Buah Sawo = 22,4 gr
Jumlah Kandungan Kalsium Buah Sawo = 25 mg
Jumlah Kandungan Fosfor Buah Sawo = 12 mg
Jumlah Kandungan Zat Besi Buah Sawo = 1 mg
Jumlah Kandungan Vitamin A Buah Sawo = 60 IU
Jumlah Kandungan Vitamin B1 Buah Sawo = 0,01 mg
Jumlah Kandungan Vitamin C Buah Sawo = 21 mg
Sumber Informasi Gizi : Berbagai publikasi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia
Wah, ternyata sangat banyak sekali ya nutrisi pada buah yang bisa kita dapatkan dengan Rp.10.000 sd Rp 20.000 per Kg ini. Buah ini juga sangat mudah tumbuh dan berbuah.

Buah ini juga memiliki banyak varian yang cukup terkenal, seperti: :
- Sawo manila, yang berbentuk lonjong, banyak mengandung air dan memiliki daging buah yang cukup tebal. Sawo manila adalah jenis sawo yang paling populer di Asia tenggara.
- Sawo duren, berbentuk bulat hingga bulat telur, dengan kulit buah licin mengkilap, kulitnya agak tebal, banyak mengandung lateks dan tidak dapat dimakan
- Sawo mentega, buahnya berbentuk bulat gelendong, bulat telur terbalik dan memanjang, berwarna hijau mengkilap dan memiliki rasa yang manis. Inilah uraian singkat mengenai buah sawo.

Baik, mari kita ulas mengenai manfaat buah sawo bagi kesehatan dan kecantikan.

Manfaat Buah Sawo bagi Kesehatan dan Kecantikan

1. Obat Diare

  • Ambil 15 tetes getah dari buah sawo yang masih muda, lalu seduh dengan setengah gelas air panas dan minum sekaligus setelah dingin atau hangat.
  • Cara kedua adalah satu buah sawo muda dicuci sampai bersih, kemudian diparut, diperas dan disaring. Bila perlu, tambahkan sedikit air matang. Selanjutnya diminum, 2 kali sehari.

16. Pembentukan Sel Darah Merah

Penelitian terbaru diketahui bahwa buah sawo juga mengandung asam folat 14mkg/100 g. Asam folat diperlukan bagi tubuh manusia  untuk membantu pembentukan sel darah merah.

3. Mengatasi Radang Mulut

Ambil satu mangkok daun sawo lalu cincang dan rebus dengan 2 gelas air bersih, selama 10 menit. Pakai air hasil rebusan untuk berkumur.

4. Menjaga Kesehatan Tulang

Di dalam buah sawo terkandung senyawa fosfor dan juga kalsium, sehingga baik bagi kesehatan tulang kita. karena tulang memang sangat membutuhkan fosfor dan kalium untuk menjaga kekuatannya. Jadi tulang kita bisa tetap sehat kini dan nanti saat hari tua.

5. Menjaga Kesehatan Mata

Di dalam buah sawo terkandung vitamin A yang tinggi, sehingga jika anda mengkonsumsi buah ini anda akan mendapatkan manfaat yang baik bagi mata anda. Yaitu menyehatkan mata anda, jadi anda bisa mengkonsumsi buah yang lezat namun juga menyehatkan mata.

6. Pertumbuhan Tulang

Kita tahu bahwa protein baik bagi pertumbuhan apalagi bagi anak anak, nah anda bisa juga mendapatkan asupan protein dengan mengkonsumsi buah sawo.

7. Kesehatan dan Kecantikan Kulit

Di dalam buah sawo terkandung vitamin E, kita tentu tahu kulit kita sangat membutuhkan vitamin ini. sebab dengan vitamin E kulit kita akan tampak lebih bersih, menjaganya tetap lembab dan mencegah penuaan dini atau keriput pada kulit.

8. Mencegah Kanker Usus

Buah Sawo memiliki kandungan serat yang tinggi, oleh karena itu buah ini baik untuk pencernaan di dalam usus. Karena mampu menyembuhkan penyakit sembelit dan bertindak sebagai pencegah serangan kaker di dalam usus.

9. Pencegahan Infeksi

Sawo mempunyai vitamin C dan A yang cukup baik. Vitamin A membantu menjaga kesehatan kulit dan juga selaput lendir. Sedangkan Vitamin C memberikan perlawanan terhadap serangan radikal bebas yang berbahaya dan penceegahan infeksi.

10. Mengobati Disentri

Ramuan yang terbuat dari buah sawo muda mampu mengobati sakit disentri, yaitu dengan cara mengambil buah sawo yang masih muda, haluskan kemudian di campur dengan garam secukupnya. Konsumsilah 2 kali sehari.

11. Mengobat Radang Mulut

Daunnya juga bisa di gunakan sebagai obat radang mulut, caranya adalah dengan mengambil daun sawo, cuci bersih kemudian rebuslah selama 10 menit, lalu gunakan airnya untuk berkumur kumur.

12. Memperlancar Pencernaan

Baik untuk pencernaan di dalam usus karena mengandung zat yang bernama inflamasi.

13. Memelihara Kesehatan Gigi

Buah sawo memiliki kandungan fosfor dan kalsium yang tinggi. Sehingga apabila mengonsumsinya secara rutin akan memelihara kesehatan dan kekuatan tulang serta gigi. Namun walaupun kandungan fosfor dan kalsiumnya tinggi, tidak dianjurkan dikonsumsi oleh balita karena akan mengganggu pencernaannya. Tulang yang kuat dan sehat adalah tabungan yang berharga untuk hari ini dan kelak setelah memasuki masa tua. Tulang tidak mudah rapuh sehingga dapat menyangga tubuh dengan lebih baik.

14. Memelihara Kesehatan Mata

Buah sawo kaya akan vitamin A yang sangat dibutuhkan untuk kesehatan mata kita.

15. Mempercantik Kulit

Buah sawo selain manis dan enak rasanya, ternyata dalam penelitian terbaru dapat berkhasiat untuk mempercantik kulit Anda sehingga kulit senantiasa bercahaya karena terjaga kelembabannya. Vitamin E yang melimpah pada buah sawo mampu mencegah penuaan dini atau keriput pada kulit.

16. Khasiat Daun , Getah ,  dan Kulit Sawo

  • Daun sawo sangat baik untuk dijadikan pengobatan untuk radang pada mulut.
  • Kulit buah sawo itu mengandung tannin, yang berguna untuk menghentikan diare. Bisa juga mengatasi gangguan paru-paru.
  • Lateks atau getah susu dalam tanaman ini bisa dijadikan bahan untuk menambal gigi.
  • Rebusan dari daun sawo duren bisa kita gunakan untuk menyembuhkan penyakit diabetes dan juga rematik.

17. Manfaat Buah Sawo Ibu Hamil

Kandungan vitamin C yang tinggi dalam buah sawo dapat meningkatkan daya tahan tubuh ibu hamil agar tidak mudah Terserang penyakit- penyakit berbahaya. Kandungan serat yang tinggi dalam buah sawo juga berguna untuk melancarkan pencernaan dan mencegah sembelit yang Sering dialami oleh para ibu hamil. Kandungan vitamin B di dalamnya efktif mengurangi rasa mual dan muntah selama masa kehamilan.

Para ibu hamil diperbolehkan mengkonsumsi buah sawo asal jangan berlebihan, secukupnya saja agar kandungan – kandungan Gizi dan nutrisi dalam buah sawo dapat memberi banyak manfaat bagi kesehatan tubuh si ibu dan janin di kandungannya.

Sumber: http://manfaatbuahkesehatan.blogspot.co.id/2014/11/17-manfaat-buah-sawo-bagi-kesehatan-dan.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar